Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama 😅. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Ciri-Ciri Online Shop Nipu / Penipu

image by freepik
image by freepik


Oke, sebelum aku memulai tulisan ini lebih lanjut, aku mau bilang kalau apa yang ak tulis dan sampein ini mungkin aja bukan patokan 100% pasti bener ya tapi bisa jadi acuan buat kalian agar lebih berhati-hati dalam berbelanja online. Inget ya, yang aku tulis disini sifatnya tidak mutlak benar adanya tapi bisa jadi bahan pertimbangan. Oke kita mulai ya.

Jadi untuk yang baru mampir ke blog aku dan belum tau, aku punya usaha online shop yang udah aku rintis dari tahun berapa ya aku lupa mungkin sekitar 2013 an. Cerita tentang usahaku juga pernah aku tulis di blog ini, yang mau baca silahkan baca di sini ya. Nama usaha ku adalah @aurorabedcover bisa search di Instagram. Bergerak dibidang bedding shop, alias jualan sprei, bedcover dan selimut. 

Selama bertahun-tahun lamanya aku jualan belum pernah mengalami hal yang sebentar lagi aku ceritain ini. Dulu problem yang bikin kesel cuma seputar customer yang hit and run aja. Belum pernah sampai dituduh menipu customer. Ngadi-ngadi nipu, udah gila kali nipu. Alhamdulillah aku masih punya Allah dan aku percaya adanya hukum sebab akibat.

Jadi, beberapa waktu lalu diawali seseorang yang komen di postinganku dengan nada to the point “kapan barang saya dikirim” seingat ku, aku ga pernah menerima pesanan atas nama si Ibu yang komen di postinganku tersebut. Ditambah lagi aku ga pernah kasih no rekening ke dia kok bisa dia minta barangnya dikirim. “Wah mau nipu nih si Ibu” batin ku bilang gitu. Aku lalu follow up lewat dm instagram, si Ibu itu lanjut marah-marah menuduh kalau aku hapus history DM dia. Gimana mau hapus, ada DM dr dia aja ga ada. Lalu aku teringat kalau ada orang sebelumnya yang menanyakan produk dari akun yang namanya sekilas mirip tapi beda. Aurora nya aja yang mirip tapi tulisan bedcovernya nya ngaco parah, ciri-ciri ga belajar tuh begitu, nulis bedcover aja salah wkwkwk. lalu aku cek, aku ga ada jual itu produk apalagi ngasih promo buy 1 get 1. Aku perhatiin lagi penulisan jenis kain pun salah, harga yang ditawarkan juga bener-bener ga masuk akal murahnya. Aku bilang mungkin aja ibu salah akun, tanpa maap si ibu yang komplen menghilang gitu aja. Kesel? iyalah udah nuduh ga minta maap wkwkwk.

selesai sampe disitu ? oh tentu tidak. Ada lagi yang datang langsung main komen di salah satu postinganku yang intinya meminta untuk customer yang hendak beli barang di toko online shop ku lebih baik berpikir ulang karena akun instagram ku penipu, karena barang yang dia beli belum juga terkirim bahkan kontaknya diblok setelah melakukan pembayaran. Marah dong aku, karena dia posting di komen yang potensi banyak dilihat orang banyak. Setelah usut punya usut, ternyata bener, dengan akun yang sama lagi yang namanya mirip dengan namaku. Ajegile panas nih kepala dah emosi, kesel yekan. Aku minta si ibu hapus komenan dan bikin klarifikasi kalau dia salah akun.

Dan banyak pula kejadian serupa kaya begini lainnya, akhirnya atas saran temen-temen aku bikin postingan klarifikasi tentang hal itu berharap akan membantuku biar orang ga banyak salah paham, tapi ternyata ya masih ada aja yang nyasar wkwkwk yaa soalnya ga iqro sih :p

Jadi tujuanku bikin tulisan ini adalah agar kalian-kalian yang masih awam dalam hal belanja online bisa lebih berhati-hati lagi. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa kalian jadikan acuan agar berhati-hati memilih online shop untuk belanja. Dari pengamatanku, rata-rata ciri-cirinya akun yang suka nipu alias penipu itu sama. Apa aja sih ? Oke aku jelasin jangan di skip ya :)

 

Off Comment / Komentar dibatasi (dimatikan)

Kalau kalian nemu akun online shop yang off comment atau komentar dibatasi artinya kalian gabisa komen di akun jualan mereka dengan tujuan agar customer langsung diarahkan ke dm lalu lanjut ke kontak WA. Karena dari beberapa orang yang nyasar marah-marah di akunku setelah aku tanya rata-rata seperti itu mereka langsung diberi arahan untuk chat lewat WA dan melakukan transaksi via WA. Setelah dana tertransfer, boom hilang! Dan jangan salah chat nya juga bahasanya baku layaknya admin-admin online shop trusted, sopan tertata dengan syarat-syarat yang diajukan seolah-olah beneran bakal dikirim. Selain itu, dengan mereka mematikan komentar, korban-korban mereka gabisa komentar komplain ke mereka. Masuk akal kan ? Inget kejadian yang aku ceritain diatas ada ibu-ibu yang komen? nah kurang lebih si akun penipu menghindari hal yang seperti itu. 

 

Jangan Tergiur Harga Promo Murah 

Ini juga nih, aduh banyak banget loh akun nipu yang pake template Buy 1 Get 1 alias Beli 1 Gratis 1, 100ribu dapet 3 pcs. Bayangin, piyama dengan bahan katun jepang di promo kan 100rb dapet 3 itu kalau yang paham bahan, beli bahannya aja kaga dapet cuy, atau gini deh dipikirnya itu yang kerja untuk jahitnya ga diupah apa gimana atau romusha? yakali.. Ada lagi nih, Bedcover dia bilang katun jepang dengan harga 300rb bisa dapet dua set, Astaga mau nangis rasanya, diliat aja udah ga masuk akal banget harga kaya gitu murahnya. Jadi dikira-kira sendiri dulu ketika lihat ada harga promo. Pake logika juga kalau perlu, apa mungkin ya dengan bahan ini harga segini, masuk apa engga. Dan bisa juga kalian seacrh track record si akun ini tapi biasanya sih si akun sering ganti nama ya.

 

Cek About This Account / Tentang Akun Ini

Kalau ini sih sebenernya ga terlalu menjamin ya, karena banyak juga akun online shop trusted sering berganti nama karena mungkin aja jualannya berganti-ganti jadi otomatis nama akunnya pun ganti. Atau dulunya akun tersebut akun pribadi lalu dijadikan akun jualan. Tapi dengan kamu cek about this account setidaknya bisa kamu kira-kira pergantian namanya sudah berapa kali dalam jangka waktu tertentu. Tapi sayangnya, ada beberapa akun yang kita gabisa lihat nih jadi gabisa ngecheck deh.

 

Followers Banyak Ga Menjamin 

Kita sering kan lihat instagram online shop dari jumlah followers nya “wah ini nih banyak followersnya” eits jangan mudah tergiur sekarang kan banyak jasa jual followers artinya followers banyak ga menjamin akun online shop tersebut aman dari tipu menipu. Justru biasanya yang ga terlalu banyak jumlah followersnya malah lebih terpercaya, karena meskipun sedikit tetapi followers mereka aktif semua (akun hidup) bukan akun kosongan. Dan biasanya bisa kelihatan dari jumlah like nya, komennya misalnya. Followers banyak bisa beli say makanya kudu bener-bener ekstra hati-hati :)

 

Testimonial Palsu atau Ga Lengkap

Nah ini nih yang juga jadi biangnya kebanyakan orang tergugah untuk mempercayai dan melupakan aspek kehati-hatian dalam membeli barang di online shop tersebut. Sering kan kita kalau mau order lihat testi nya dulu. Tapi jangan keburu-buru coba dicek lagi berulang-ulang testinya. Kebanyakan biasanya testi hanya sampe customer yang selesai melakukan transaksi alias mentransfer uangnya, jarang banget testi yang menunjukan barang sudah sampai. Kalaupun ada, biasanya akun-akun penipu itu nyomot testi dari orang lain. Testi barang ready, stok bahkan toko orang pun bisa aja mereka comot. Sedikit cerita, aku sendiri pernah tertipu akun online shop yang jual stroller yang ternyata seluruh postingan mereka adalah hasil nyomot punya orang lain dan karena keteledoran si penipu aku bisa melihat salah satu komenan yang menyatakan kalau postingan mereka adalah hasil nyomot dan aku perhatikan lagi, plang toko yang mereka jadikan DP Whatsapp mereka adalah hasil editan. Luar biasa niat!

 

Cek Track Record Rekening

Kalian bisa juga ngecek track record rekening yang dipake si oknum tersebut, udah banyak caranya di website. Tetapi sekali lagi ini ga bisa dijadikan patokan ya, artinya kalian jangan bergantung sama ini karena beberapa kali aku temui rekening yang mereka pake itu bersih alias ga ada catetan buruk. Aku misalnya, karena nominal yang mau aku transfer lumayan besar, aku waktu itu pastiin dulu dan rekening tersebut bersih ga ada catatan negatif apa-apa tapi nyatanya apa? ZONK hahahha tetap saja tertipu. Temanku juga cerita sebelum transfer dia ngecheck rekening dan bersih tapi ya tetep aja ketipu. 

 

Minta Akun Marketplace Mereka

Menurutku ini jalan pamungkas sih, mintain akun marketplace mereka bisa shopee, tokopedia, lazada, bukalapak atau sejenisnya lah. Karena lewat marketplace uang ga langsung cair ke mereka sebelum barangnya kita terima. Lebih ribet sedikit dari biasanya tapi demi jalan yang lebih aman kenapa engga. Lewat marketplace juga kalian bisa dapet berbagai keringanan misalnya, gratis ongkir, diskon gede-gedean dan lain-lain. Jadi meskipun kalian lihat-lihat barangnya di instagram , kalau kalian tertarik coba mintain akun shopee, atau tokped nya atau bukalapaknya. Dengan begitu kalian bisa belanja dengan lebih aman. Ini juga jadi PR buat aku sebagai pejuang seller online shop untuk terus belajar bagaimana caranya berjualan menggunakan marketplace yang sedang trend. Dan buat kalian yang ga begitu paham, ayo belajar sedikit-sedikit kalau bingung bisa tanyakan sama teman kalian atau ke CS nya langsung.

 

Hal-hal semacem penipuan kaya begini buatku yang masih terbilang pedagang dengan akun yang ga begitu besar, sangat-sangat merugikan banget. Karena akun yang trusted beneran jadi kena imbasnya. Orang-orang jadi punya trust issue dengan akun online shop di instgram , facebook. Bayangin aja, aku cape-cape bangun akun dari dulu eh tiba-tiba dituduh sebagai akun penipu cuma karena namanya mirip ya esmosi lah ya. Lagian cari rejeki yang halal-halal aja lah biar berkah. Buat apa banyak kalau ngasilin dosa ya gak ?

Dan seperti yang aku bilang, orang-orang sekarang banyak yang beralih belanja menggunakan marketplace seperti shopee, tokped, lazada dan lain-lain, aku sebagai orang awam secara gak langsung dituntut juga untuk berkembang mengikuti kemauan pasar kalau engga ya gabakalan maju. Inget, oknum-oknum penipu itu bakalan juga terus berkembang dan selalu selangkah lebih maju dari yang beli. Mereka pasti bakalan terus cari cara agar segala tipu daya mereka tetep bisa dipake. Oleh karenanya kitanya juga sebagai calon pembeli harus pintar-pintar dan berhati-hati.

Gak ada yang salah kok belanja online, malahan enak banget sangat membantu apalagi dimasa pandemi seperti sekarang, ga boleh sering-sering keluar rumah. Mau belanja tinggal buka hp pencet-pencet-pencet terus transfer eh besokannya barang datang, senangnya… Tetap berhati-hati dan senantiasa teliti dalam belanja online shop karena yang berhati-hati aja bisa luput apalagi yang ceroboh :)

Dan ingat! kalau kalian misalnya sudah terlanjur tertipu, ada hal yang bisa kalian lakukan yaitu dengan melaporkan rekening si penipu ke bank yang dipakai si penipu, meskipun uang kalian ga jaminan bisa balik tetapi paling ngga, akan ada catatan di bank tersebut tentang rekening yang dipake untuk nipu itu. Jadi jangan diem aja pasrah terima nasib, juga report akunnya kalau bisa ajak teman-teman kalian untuk report bareng-bareng, hehehhe.


Terakhir, kalau mau beli sprei jangan lupa cari akun di instagram @aurorabedcover yaa jangan yang lain  :p

 

Love...

 


Komentar

  1. Hati hati dalam membeli pokoknya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Akupia :) betul setuju banget kudu ekstra hati-hati. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dari hal-hal buruk ya.. Aamiin..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)