Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama πŸ˜…. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

cr : twitter @allbtspics

Dari keseluruhan lagu di album comeback BTS kali ini, Love Yourself: Answer, semuanya sih aku suka banget. Tapi ada satu yang merinding aku dibuatnya, Trivia : Seesaw yang dibawain solo sama Min Yoongi alias Suga. Awal-awal kenal dengan BTS dan setiap liat cuplikan video interview mereka yang bikin menarik perhatianku adalah Suga ini. Setiap kata yang keluar dari mulutnya yang punya tongue technology ini (wkwkwk) selalu bermakna dan dalem gitu, ini dalam konteks wwawancara serius ya. Dan setiap lagu yang dibawain solo olehnya aku selalu terkesan, dari Nevermind, The last, Fisrt Love. Lirik yang dibuat Suga always impressed me, for real. Termasuk yang #seesaw ini.

Selain liriknya yang bikin merinding, Suga di lagu Seesaw ini juga unjuk gigi dengan bernyanyi, serius sih ini lagu yang bikin pengen diputer terus tiap buka spotify. Dengar Trivia : Seesaw ini merupakan pengalaman baru bagi ku dan telingaku, hehehe. Merasakan sesuatu hal yang baru, bahkan lebih terkejut lagi dari saat pertama kali denger part Yoongi di 134340.

Seesaw. Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian ketika baca kata ‘seesaw’ ?

pinterest

Jungkat-jungkit alias njot-njotan kalau didaerahku sebutnya, hehehe. Permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih juga biasanya, dan posisinya selalu bergantian, terkadang diatas dan terkadang dibawah. Naik kemudian turun, jika ada salah satu turun / meninggalkan permainan maka yang satunya lagi akan jatuh dengan keras karena tidak ada beban yang mengimbanginya. Dan dalam permainan jungkat-jungkit akan susah mencapai keseimbangan karena seringkali kita mendapatkan lawan bermain kita lebih berat atau lebih ringan. Ada yang masih ingat rasanya main jungkat-jungkit atau seesaw ini ?

SEESAW

[English Translation]

It was a good start
In itself
Before I knew it, we were tired of each other
In all of these meaningless emotions
Repeated seesaw game
I'm tired of this
Repeated seesaw game
We're getting tired of each other
Were the petty arguments the start?
The moment I became heavier than you
Because there's never been parallels in the first place
Maybe I became more greedy and tried to fit in with you
Is there really a need to keep repeating ourselves
Saying this was love and this is love?
They're tired of each other, they seem to hold the same hand
Well, then
Alright, a repeating seesaw game
It's about time we put an end to it
All right, this boring seesaw game
Somebody has to get out of here
Though neither of us can
Don't let anyone know who'll get off first
Let’s not drag things out, however our hearts lead us
Are we getting out of here or not
This repeated seesaw game
We have to stop it now
People can be so crafty
They know they’ll get hurt if one person is missing
Because we don't want to be the villains
In the midst of a series of vague responsibilities
And we get so tired or if that we finally became parallel
But we didn’t want this kind of parallel
At first, we showed off who was heavier
We'd brag and smile
Now we're trying to beat each other
We're in a competition
The fire of a quarrel
It’ll only end if someone gets off right here
We’re acting like we’re comforting each other
But it’s mixed with thorns
Can’t keep doing this, we need to make a decision
If we didn’t have feelings for each other
If we didn’t think of each other
Would we have dragged it out like this?
Now if you don’t have any more feelings
This seesaw is dangerous
Stop thinking about me
Alright, a repeating seesaw seesaw game
It's about time we put an end to it
All right, this boring seesaw game
Somebody has to get out of here
Though neither of us can
(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) Just like the beginning when you weren't here
(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) I'm getting off this seesaw without you
Alright, a repeating seesaw seesaw game
It's about time we put an end to it
All right, this boring seesaw game
Somebody has to get out of here
Though neither of us can
Don't let anyone know who'll get off first
Let’s not drag things out, however our hearts lead us
Are we getting out of here or not
This repeated seesaw game
We have to stop it now
(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) Just like the beginning when you weren't here
(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) I'm getting off this seesaw without you
(Lyrics from Genius.com)


Sebagian orang mengartikan lagu Seesaw ini adalah lagu tentang kisah cinta. Tapi karena aku orang yang susah galau karena masala percintaan, hehe. Aku punya pendapat lain soal lagu ini. Entah kenapa aku jarang sekali mengaitkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh BTS adalah lagu tentang percintaan, meskipun liriknya terkadang suitable banget dengan kisah cinta, hehe. Aku lebih suka menginterpretasikan lagu-lagu BTS dengan pergolakan batin yang terjadi dalam diri seseorang. Terkadang masalah yang terjadi dalam diri seseorang jauh lebih rumit dari kisah percintaan yang dialami  itu sendiri. Tapi kalau kalian ingin juga mengartikan lagu-lagu BTS sebagai lagu tema cinta kalian ya ga masalah juga, mungkin kalian akan lebih merasa dapet feel nya kalau lagu itu dinilai sebagai lagu cinta. Kalau aku pribadi, lebih bisa dapet feel nya ketika lagu itu ditujukan untuk diri sendiri.

Buatku, musik itu terbuka. Terbuka bagi siapapun yang ingin mendengarkan, terbuka juga dengan cara orang menginterpretasikan arti lagu itu. Since BTS sendiri pun membebaskan ARMY untuk meresapi lagu-lagu mereka sesuai keinginan ARMY yang penting pesannya dapat tersampaikan.

Lirik seesaw ini aku baca berkali-kali baru bisa dapet feel nya dan dalam hati rasanya ada rasa yang ga bisa dijelasin, hehehe. Lagu seesaw ini menurutku lagu yang cerdas, menggunakan perumpamaan seesaw atau jungkat-jungkit sebagai bentuk dari sebuah perasaan yang dimiliki manusia. Seperti layaknya seesaw / jungkat-jungkit yang bergerak naik dan turun terus menerus, begitupun perasaan manusia. Terkadang berada diatas terkadang pun dibawah.

Seesaw terdiri dari dua orang pemain atau lebih, dan dalam diri seseorang pasti selalu saja terjadi pergolakan batin antara keinginan ini dan itu, keinginan sendiri atau orang lain. Atau kalau mau dikaitkan dengan judul album atau tema album BTS love yourself, adalah the real me and the fake me. Keduanya ada didalam diri kita, jauh didalam diri ini pasti ada the real and the fake one.
Untuk menjalani hidup dengan baik kita membutuhkan keseimbangan, seperti pepatah yang satu ini "Confidence without humility is Arrogance. Humility without confidence is self-deprecation.” Keyakinan tanpa kerendahan hati adalah kesombongan, kerendahan hati tanpa keyakinan adalah penghentian diri. Tapi pada kenyataannya sulit sekali mencapai keseimbangan dalam hidup. Because there's never been parallels in the first place. Karena dari awal permainan seesaw dimulai, titik keseimbangan sulit didapatkan. Seseorang yang berada diposisi bawah akan melihat lawannya yang berada diatas, begitupun seseorang yang ada diposisi atas akan melihat lawannya yang dibawah. 

Namanya permainan, semuanya berawal dengan menyenangkan, hidup juga begitu awalnya kita merasa menyengangkan, tapi lama kelamaan kita akan merasa lelah dan bosan. Terus menerus dengan hal yang sama, akhirnya satu sama lain menjadi lawan dan berkompetisi. Didalam diri kita mengalami kompetisi yang sering kita sebut dengan pergolakan batin itu sendiri. Kalau dalam konteks self-love dan acceptance biasanya yang terjadi adalah konflik antara the fake and the real. Antara memilih untuk ada di jalur comfort atau di jalur jujur. Kita merasa lelah dengan perasaan yang berubah-ubah terus menerus, naik dan turun, berulang-ulang kali. Jika rasa bosan, muak dan lelah sudah timbul permainan tidak lagi menyenangkan, hidup tidak lagi menyenangkan untuk dijalani. Bagaimana cara mengakhirinya ? Bagaimanapun, permainan harus diakhiri, tapi pertanyaanya siapa yang akan mengakhirinya ? Tidak ada yang mau mengakhirnya, karena masih ada rasa kompetisi didalam batin. Alright, a repeating seesaw seesaw game. It's about time we put an end to it. All right, this boring seesaw game. Somebody has to get out of here. Though neither of us can.

Pernah main jungkat-jungkit kan , susah kan untuk berhenti ?

Seperti yang aku bilang, ketika yang satu turun, maka yang satu lagi akan jatuh dengan keras. Sedangkan seseorang yang berada diposisi atas akan kesulitan untuk turun. Tapi bagaimanapun permainan harus diakhiri. Didalam hati kita yang paling dalam, pasti ada perasaan tidak ingin menyakiti, tapi bagaimana jika itu harus dilakukan ? Karena jika orang yang dibawah harus meninggalkan posisinya, lawan yang ada diatas akan turun dengan keras dan berujung dengan menyakiti, tapi jika yang diatas terpaksa lompat berujung dengan menyakiti diri sendiri, bisa saja kaki patah atau luka-luka. Dan orang lain yang melihat pasti akan memandang jelek terhadap orang yang menyakiti orang lain kan ? Di lirik seesaw Suga menyampaikan, Don't let anyone know who'll get off first. People can be so crafty. They know they’ll get hurt if one person is missing, because we don't want to be the villains. Biarlah diri sendiri yang memutuskan pilihannya, jangan biarkan orang lain tau, ga akan ada yang mau dinilai sebagai tokoh antagonisnya bukan ?

However this game must be stop,

(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) Just like the beginning when you weren't here
(Hol' up Hol' up) I walk on this seesaw without you
(Hol' up Hol' up) I'm getting off this seesaw without you

Kesimpulannya, lagu Trivia : Seesaw ini buatku adalah lagu yang meaningfull dan cerdas. Warna Rap Suga di lagu seesaw ini juga lebih kalem, ga 'keras' seperti biasanya, jadi lebih berasa fit ke makna yang mau dia sampein. Lagu-lagu BTS makin kesini become deeper and deeper and deeper ga sih ? mungkin karena mereka juga sudah beranjak dewasa, dari segi pemikiran lebih matang dan pengalaman yang mereka dapat juga sudah lebih banyak. Meskipun ini semua belum seberapa tapi pesan-pesan mereka yang mereka sampaikan lewat lagu selalu sampai dengan baik bagi para pendengarnya. 

Dan.... adakah yang udah liat solo performance live nya? Waaaah aku tida bisa berkata-kata kalau itu, hehehe πŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œ Sekian dulu penjelasan panjang lebar dari akyuuu yang tidak seberapa ini. Please ini penjelasan menurut pendapatku aja, karena aku lebih bisa memaknainya seperti ini.  


~Seesaw never ending up and down game~

Komentar

  1. Aku baru tau lagi seesaw beberapa hari lalu. Dan pertama dengerin rasanya langsung merinding meskipun gatau artinya. Pas tau artinya makin ga bisa berkata-kata :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..makasih udah sempetin mampir dan baca tulisanku ya. Yes indeed setuju banget sama pendapat kamu kalau lagu ini bikin merinding. Dan ini salah satu lagu favorit aku selain itu ada juga yang gak kalah nancep artinya coba dengerin juga lagu People nya Agust D. Udah aku tulis juga di blog aku. Thanks yaa, selamat menjalani harimu :)

      Hapus
  2. Heii maaf sebelumnya bolehkah aku menyalin beberapa kalimatmu di postingan ku? Yah nanti akan aku taruh cr atas nama pewe. Makasih banyak sebelumnya ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sekali baru balas, boleh sekali kak. kalau boleh tau diposting dimana ya ? :)

      Hapus
  3. Kamu anak buahnya namjoon ya kok cerdas banget πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssst... jgn bilang-bilang ya kak wkwkkw. makasih udah mampir :)

      Hapus
  4. Suka sama cara pikir kakaknya πŸ’œ. Akupun merasa lagu bangtan antara pergolakan batin atau jawaban dari pergolakan batin jadi setiap lyrik yg mreka buat bner2 sperti hal yg ingin mereka publik apa yg mreka rasa. Semakin ksini makin sayang sama mreka dan hilang arah buat nemuin pintu keluarπŸ₯Ί

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. Bangtan tuh ibarat jalan pulang. Sejauh apapun kita pergi bakal balik lagi ke mereka. Karena ya itu tadi, ikatan antara Bangtan dan army udah menyatu banget. Apa yang mereka pikirkan kadang sama dengan apa yang jadi pikiran kita.

      Hapus
  5. Sukaaa bgt sama penjelasannya. Makasihh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Kak.. Terimakasih sudah mampir baca ya :)

      Hapus
  6. Thanks kak penjelasannya...
    Emng lagu yang 1 ini ngena banget di hati...bahkan lagu² mereka itu mempunyai makna dan arti yang sangat dalam...lagu mereka seperti menceritakan perjalanan hidup mereka..AQpun jg ngrasain kalau lagu² mereka bukan menjelaskan ttg percintaan sih..tapi lebih ke perjalanan hidup πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)