Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama 😅. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Review Drama Korea Familiar Wife, Hal Kecil Yang Sering Terlupakan



Familiar Wife, salah satu drama korea yang aku tonton tanpa sengaja yang ternyata cukup meninggalkan kesan di hati, hehehe. Tema drama ini ga jauh-jauh dari romance comedy dan ada sedikit fantasinya, ya sedikit banyaknya sesuai dengan genre drama favoritku lah. Lalu apa yang membuat drama ini berkesan buat aku pribadi ?


Drama Keluarga, Kehidupan Pernikahan yang ternyata tidak selamanya indah

Seperti yang aku bilang, drama ini bertema tentang pernikahan. Sebenarnya udah banyak juga ya drama korea tentang pernikahan seperti misalnya Because this is my first life, Go back Couple, Second Twenties (Second 20s) dan lain-lain tapi entah kenapa drama ini lebih bisa ‘ngena’ buatku, hehehe.

Drama Familiar Wife yang tokoh utamanya diperankan oleh Ji Sung dan Han Ji Min sekilas mirip dengan drama go back couple pada episode pertamanya. Benang merah drama Familiar wife dan Go Back Couple menurutku sama ya. Keduanya sama-sama mengambil konsep waktu dan masa lalu. Kedua tokoh utama yang merupakan pasangan suami istri menghadapi permasalahan dalam pernikahan mereka yang kemudian menginginkan untuk kembali ke masa lalu untuk mengulang takdir mereka. Yang membedakan yaitu media perantara mereka kembali ke masa lalu itu. Go Back Couple melalui cincin sedangkan familiar wife ini melalui media koin yang digunakan sebagai tiket masuk portal waktu. Singkat cerita, darama Familiar wife ini drama tentang kehidupan pasangan yang sudah menikah selama kurang lebih  5 tahun dan dikaruniai 2 orang anak. Karena aku sudah menikah meskipun belum selama mereka juga, tapi dari kisahnya aku bisa melihat beberapa scene yang memang dalam kehidupan pernikahan itu benar terjadi.

Kehidupan pernikahan itu seperti yang digambarkan dalam drama Familiar Wife tidak selamanya indah dan penuh bunga-bunga seperti di taman surga, wkwkwk. Tapi kehidupan pernikahan itu juga kerap kali diwarnai dengan serbuk-serbuk pertengakaran. Kalau serbuknya sedikit ya paling bikin bersin doang tapi kalau serbuknya banyak ya bikin sesak napas, hahahaha. Pertengkaran dalam pernikahan itu sebenarnya menurutku wajar adanya, karena hidup berdua apalagi jika sudah disertai anak akan ada berbagai perbedaan pendapat yang terkadang disertai juga dengan keegoisan masing-masing. Tinggal bagaimana caranya para pelaku didalamnya mengatasi serbuk-serbuk yang berwarna itu. Jangan biarkan serbuk itu mengganggu kehidupan. Karena kalau dihilangkan rasanya ya ngga mungkin juga. Bagaikan jalan di jalan tol yang lurus-lurus aja bikin ngantuk dan bosen. Kalau sayur ibarat sayur yang ga pakai royco apa masako, hambar cyiiin.

Kejadian atau apa yang dialami oleh Joo Hyuk (Ji Sung) dan Woo Jin (Han Ji Min) dalam drama Familiar wife sebenarnya bukan untuk menakuti pasangan-pasangan diluar sana yang belum menikah ya, hahaha. Bukan juga untuk menggambarkan kalau kehidupan seteelah menikah itu seperti neraka, enggak! Justru drama ini menyajikan realitas yang sebenarnya bahwa pernikahan itu tidak selamanya indah seperti yang seringkali digambarkan dalam dongeng-dongeng dan drama-drama. Tapi bukan berarti juga ga ada indah-indahnya, justru setelah Joo Hyuk melewati lorong waktu dan merubah masa lalunya dan memilih menikah dengan junior dikampusnya Hye Won (Kang Han Na) dia menemukan hal-hal baru yang ternyata lebih sederhana dan lebih indah ketika dilalui bersama dengan Woo Jin.

Hal Kecil Yang Seringkali Terlupakan

Konflik awal dari drama ini terjadi ketika Cha Joo Hyuk merasa kecewa dan lelah dengan kehidupan yang dia jalani dengan Seo Woo Jin yang benar-benar tidak bisa menjaga temperamen nya.  Woo Jin seringkali berteriak dan memaki Joo Hyuk dan hal itu menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri Joo Hyuk sehingga timbul perasaan menyesal telah menikah dan ingin berpisah. Ditambah lagi dia bertemu dengan juniornya di kampus yang pernah memiliki perasaan kepadanya. Hingga suatu waktu, Joo Hyuk bertemu dengan seseorang yang kemudian membawanya pada lorong atau portal waktu yang bisa mengubah masa lalunya. Joo Hyuk memilih kembali pada tahun pertama kali dirinya bertemu dengan Woo Jin dan berusaha merubahnya agar kejadian-kejadian yang mebuatnya terjebak dengan Woo Jin tidak terjadi. Akhirnya keinginannya terwujud, dia menjalani kehidupan yang diimpikannya selama ini. Menikah dengan Hye Won, perekonomian keluarganya stabil, dan hal-hal baik lainnya tapi ada satu yang dia lupakan, kedua anaknya. Ketika memutuskan merubah masa lalu dengan hidup bersama Hye Won, dia kehilangan kedua anak yang disayanginya.


aku kesel juga pas scene ini, hahahaha

Setelah menjalani kehidupannya yang baru dengan Hye Won, Joo Hyuk merasa banyak sekali perbedaan yang dia rasakan. Ada hal-hal baik yang dimiliki oleh Woo Jin tapi tidak dimiliki oleh Hye Won. Seiring berjalannya waktu, akhirnya Joo Hyuk tiba pada masa dia menyesali keputusannya. Ditambah lagi takdir yang lagi-lagi mempertemukannya dengan Woo Jin. Tapi kali ini bukan sebagai pasangan melainkan rekan kerja. Dia melihat kehidupan Woo Jin sangat baik, Woo Jin disukai banyak orang karena kepribadianya yang ramah, hangat dan perhatian.

Sehingga tibalah pada kesimpulan yang ditangkap oleh Joo Hyuk bahwa kehidupan Woo Jin tanpa dirinya justru lebih baik. Ada kepribadian Woo Jin yang selama ini dia lupakan bahwa Woo Jin dulu adalah pribadi yang ceria, menyenangkan, ramah. Tapi setelah menikah semuanya seakan lenyap begitu saja dan menyisakan hal-hal buruknya saja.

Dari drama Familiar Wife, aku menyimpulkan bahwa ada hal-hal kecil yang seringkali terlewatkan ketika kita menghadapi permasalahan. Seringkali kita memfokuskan penderitaan hanya pada diri sendiri dan mengesampingkan perasaan orang lain yang mungkin juga sama menderitanya. Hanya karena tertutup ego yang tinggi hal-hal kecil seperti itu saja bisa terlewat. Seperti misalnya Joo Hyuk yang merasa dirinya sangat menderita hidup dengan Woo Jin yang setiap hari memarahinya, Woo Jin yang dia kenal tidak lagi ceria seperti dulu. Kalau kalian lihat nanti kalian bisa tahu seberapa parahnya temperamen Woo Jin. Aku pada awalnya juga sempet memihak pada Joo Hyuk karena merasa kok ini si istrri ga sopan banget sama suaminya begitu tapi setelah tahu akar permasalahannya, hemm…… Joo Hyuk terlalu sibuk dengan masalah dan penderitaannya, hingga lupa memperhatikan Woo Jin yang juga memiliki masalah dan butuh tempat untuk berbagi dan berkeluh kesah. Sehingga sering Woo Jin menangis diam-diam sambil menonton drama di televisi.

Ternyata Harus ‘Saling’

Ternyata harus ‘saling’. Yap dari drama ini aku belajar bahwa untuk bisa menghadapi masalah diperlukan rasa saling. Saling memahami satu sama lain saling menghormati dan menghargai. Menjelang akhir episode, Joo Hyuk akhirnya menyadari bahwa cinta sejatinya adalah Woo Jin dan berusaha memperbaiki kesalahannya. Tetapi bukan hanya Joo Hyuk yang berusaha memperbaiki kesalahannya, Woo Jin pun demikian. Dia mulai belajar juga memahami Joo Hyuk dengan kesibukan dan semua problemnya. Intinya mereka memperbaiki kesalahan mereka berdua dimasa lalu. Seperti misalnya tidak menyerahkan tanggung jawab mengurus anak hanya kepada Woo Jin seorang dan mengurus rumah menjadi tanggung jawab bersama. Komunikasi yang mereka lakukan tidak lagi satu arah namun dua arah, karena memang seharusnya seperti itu. Buat aku yang sudah menikah, komunikasi dua arah menurutku bisa mengurangi potensi salah paham yang berujung pertengkaran. Kita jadi tahu perasaan masing-masing, apa yang si pasangan sedang rasakan, bagaimana kekecewaanya, emosinya atau mungkin hal bahagia yang kita ingin bagi. Bukankah gunanya hidup berpasangan adalah salah satunya agar kita dapat saling berbagi ? 😊

aku baper tolong :(

Drama Familiar wife ini, over all bagus dari segi jalan ceritanya, penokohannya, soundtracknya apalagi, paling suka sama lagunya Roy Kim – No Longer Mine. Tapi ada satu kurangnya dari drama ini menurutku, menjelang akhir episode akhir aku merasa seperti diputar-putar dan terlalu berbelit-belit sehingga klimaksnya kurang greget. Yang aku pikir sudah selesai ternyata masih diputar-putar lagi. Cuman apalah artinya kekurangan yang secuil ini dibandingkan dengan faedah yang didapat dari nonton drama ini, hahhaha.


Sebagai penutup, aku mau mengutip caption dari salah satu sahabatku tentang drama korea yang dia tulis di instagramnya 
“ Nonton drama korea itu seringnya belajar sesuatu tanpa merasa digurui. Walau kalimatnya sambil lalu tapi bisa buat angguk-angguk dan bilang 'ooohiya' "

So.. ada yang penasaran dengan drama Familiar Wife ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)