Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama 😅. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Review Drama My ID is Gangnam Beauty

dramafever

Drama My Id is Gangnam Beauty baru aja tamat nih, tamat di episode 16. Episodenya mau dibilang kurang ya kurang ya, secara masih ingin menikmati ketampanan Cha Eun Woo dan cerita chesy nya mereka berdua, hehehe. Suka gemes sendiri ga sih liat tampang Eun Woo yang polos-polos gemes gitu. Tiap senyum mirip sama anak kecil, wkwkwk (naluri mba-mba keluar). Badan L-Men tapi muka Bebelac, kira-kira begitu kalau netizen twitter nyebutnya hahahha.

Jadi, aku udah kepengen banget  nulis review drama My ID is Gangnam Beauty nih begitu selesai, ya review ala-ala dari seorang penikmat drama korea yang tidak seberapa ini, hehehe. Tapi mau review dari segi mananya dulu nih ya ? hehehe

Oke deh, mulai review dari tema besar drama ini aja deh. Terus terang aku secara personal tertarik banget dengan tema yang berbau insecurity kaya gini, entah kenapa pasti ada magnet tersendiri gitu. Dan awalnya aku ga ngarep banyak dari drama ini, aku cuma pengen enjoy menatap wajah Eun Woo yang cakepnya ga umum, hehehe. Tapi ternyata drama ini ngasih banyak hal baru yang tentunya bikin aku merasa beruntung jadi team on going, hehe.

Tema utama dari drama My ID is Gangnam Beauty sendiri menurutku selain tentang insecurity seperti yang tadi aku bilang juga tentang perjuangan yang dialami oleh seorang perempuan yaitu Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) yang melakukan operasi plastik yang menurutnya akan membawa kepada kebahagiaan dalam hidupnya. Setelah mengalami operasi plastik hampir diseluruh bagian dari wajahnya, hidupnya memang terasa lebih mudah dijalani, semua orang memujinya cantik dan ingin berteman dengannya. Kang Mi Rae merasakan perbedaan dalam hidupnya yang sangat jauh dari sebelum dirinya melakukan operasi dan sesudah operasi. Banyak hal yang baru pertama kali dia rasakan, seperti saat dia menari lagu PSY-New Face pada malam inagurasi penerimaan kampusnya. Kang Mi Rae masih merasa canggung dengan keadaan yang seakan baru baginya. Tetapi seiring waktu berjalan, ternyata tidak semua orang baik terhadapnya dengan tulus, Kang Mi Rae yang terbiasa menilai seseorang dari penampilan wajahnya, merasa telah melakukan kesalahan setelah dirinya berhadapan dengan Hyun Soo A (Jo Woo Ri), seseorang yang berwajah cantik alami tanpa operasi plastik satupun di wajahnya.

Menurutku drama My ID is Gangnam Beauty ini mengambil tema yang cukup sensitive juga. Tentang stigma yang diterima oleh pelaku operasi plastik. Pas lihat ini, satu pikiran yang muncul dikepalaku, “mmm ternyata ga cuma di Indonesia ya yang sensitive soal operasi plastik”. Soalnya di Korea sendiri, kalau dilihat dalam drama ini, orang-orang yang melakukan operasi plastik juga jadi perbincangan, dan ga jarang juga jadi bahan ledekan, seakan-akan hal itu hina dan menjijikan.

Di sosial media, sering banget aku nemuin komen ‘PLASTIK’ di setiap postingan yang berbau korea. Bener apa bener ? aku yakin pasti kalian semua pernah baca paling ngga satu komen begitu, atau bahkan ada yang sampe debat ? hehehe. Aku pribadi masih bingung kenapa selalu plastik ? apa hubungannya sih ? padahal ga semuanya orang korea melakukan operasi plastik karena mereka juga banyak yang cakep atau cantik dari lahir. Dan kalaupun ada yang melakukan operasi plastik tentu ada alasannya, bisa jadi karena masalah kesehatan atau tingkat kepercayaan diri seseorang. Ya memang aku tidak memungkiri, kalau cantik itu relatif dan cantik itu tidak hanya dari penampilan luar, tapi kalau kita lihat di drama My ID is Gangnam Beauty, disitu terlihat jelas alasan Kang Mi Rae sampai berani melakukan operasi plastik besar-besaran meskipun hal tersebut ditentang oleh Ayahnya sendiri. Karena dia mengalami hari-hari yang berat dikehidupannya, cemoohan dari orang-orang disekitarnya karena tampilan fisiknya yang menurut orang-orang, jelek. Kang Mi Rae juga gadis normal yang ingin merasakan manisnya kehidupan remaja, bermain dan mungkin naksir dengan lawan jenis. Tapi dia tidak bisa melakukan itu semua karena kondisinya, bukan hanya soal tidak percaya diri, tapi karena tekanan demi tekanan yang diterimanya yang memaksanya menarik diri dari lingkungan sosial. Hal ini juga banyak terjadi di lingkungan sekitar kita sebenarnya, masih banyak orang yang menjadi juri atas hidup orang lain dan dengan entengnya melakukan body shamming berkedok canda. Dari drama My ID is Gangnam Beauty ini seengaknya kita bisa melihat dari sisi penderita, ternyata hal-hal yang kita pikir adalah sebuah candaan, tidak selamanya lucu justru bahkan membuat orang lain menderita. Berefek panjang dalam kehidupannya, mungkin bisa depresi atau lebih parahnya terpikir untuk bunuh diri seperti yang sempat terpikirkan oleh Kang Mi Rae.

Jangan sampai kita jadi bagian dari orang yang enjoy dengan penderitaan yang dialami oleh orang lain.

Penampilan luar yang cantik tidak menjamin hidup bahagia. Bener apa engga ? seengaknya itu yang bisa aku tarik kesimpulan dari scene Hyun Soo A dan Kang Mi Rae sesaat setelah Soo A diserang oleh Dong Won. Kang Mi Rae pun seiring berjalannya waktu juga setelah berbagi pemikiran dengan Kyung Seok akhirnya menyadari, jika pribadi seseorang baik buruknya tidak selamanya dapat dinilai dari penampilan luarnya. Saat menyadari jati diri Soo A yang sebenarnya, Mi Rae baru bisa merasakan bahwa teman yang dari penampilan luarnya tidak secantik Soo A justru lebih tulus dan baik pada dirinya. Juga mengenai kebahagiaan yang ada dihidupnya. Menjadi cantik setelah melakukan operasi tidak selamanya membawa kebahagiaan, justru banyak menimbulkan masalah pada awalnya, mulai dari cemoohan orang-orang hingga perlakuan diskriminasi dari sunbae nya. Kang Mi Rae lama kelamaan merasa insecure lagi, sepertinya hidupnya tidak ada yang berubah, dirinya masih saja ditindas oleh orang lain. Tapi bersyukur berkat pertemanannya dengan Kyung Seok, Mi Rae menemukan kembali percaya diri dalam dirinya. Gomawo Kyung seok-ah, pyong pyong, wkwkwk

Hyun Soo A dan Kang Mi Rae sebenarnya sama-sama menyimpan rasa iri satu sama lain. Mi Rae menganggap hidup Soo A sempurna karena memiliki wajah yang cantik hingga semua orang mudah untuk menyukainya namun pada kenyataanya hidup Soo A tidak sesempurna yang dibayangkan orang lain. Dia mempunyai masa kecil yang kelam yang menjadi alasan kenapa dia akhirnya menjadi pribadi menyebalkan, bebal dan bermuka dua, wkwkwk. Sedangkan Soo A sendiri merasa iri pada Mi Rae karena menganggap bahwa kebahagiaan yang diterima Mi Rae tidaklah seharusnya diterima, dia benci orang-orang yang menilai Mi Rae cantik padahal cantiknya adalah buatan. Membuat Soo A merasa kalah dan kecantikannya yang alami merasa tersaingi. Akan tetapi perlahan-lahan dalam cerita drama ini, diperlihatkan semuanya dengan jelas bahwa yang terlihat belum tentu sama dengan kenyataan yang ada. Soo A dan Mi Rae sebenarnya pernah ada di titik yang sama. Soo A yang terlihat mudah saja menjalani hidup ternyata juga penuh perjuangan dan kepalsuan.

Hyun Soo A

cantik tapi bikin kesel
Aku saat pertama kali lihat Soo A dalam drama My ID is Gangnam Beauty, ekspetasinya ini orang semoga tidak jahat deh. Ya jahat sih enggak tapi nyebelin nya sampe ke ubun-ubun, wkwkwk. Ternyata jahat sama nyebelin, mending jahat karena kalau nyebelin rasanya gemes banget pengen cakar-cakar sama jambak rambutnya, hahaha. Hyun Soo A luar biasa ngeselin dan bermuka dua, alus banget mainnya ya, tapi giliran dia kepepet mulai keliatan menderitanya, tapi sorry to say waktu dia diserang aku tydack bersimpati, wkwkwk soalnya dia juga jahara. Dia bisa aja bilang ngga sadar tapi pada kenyataanya dia banyak memainkan perasaan laki-laki disekitarnya yang merasa diberi harapan palsu. Tapi menurutku dia seperti itu ada alasanya, semacam ingin pembuktian diri kalau dia juga cantik, ga akan ada yang bisa nolak aku. Termasuk waktu dia bilang suka pada Do Kyung Seok. Itu semacam jadi pembuktian dia pada orang-orang, kalau orang seperti dia pantasnya berpasangan dengan Kyung Seok yang ternyata justru memilih Kang Mi Rae. Sakit ngga tuh ? . Soo A menjalani hidup yang salah sih, pembuktian dia itu salah caranya, dengan berbohong soal kehidupan yang dimilikinya dan memainkan perasaan laki-laki yang jatuh cinta sama dia. Padahal mungkin aja kalau dia jujur, respon orang ga akan mengerikan seperti yang dia bayangkan, Dia akan tetap bisa diterima dengan baik. Tapi kenyataan dia berbohong justru buat orang lain ilfeel dan menjauh darinya ketika semua kenyataan terungkap. Seperti halnya Kang Mi Rae yang awalnya sangat takut untuk jujur kalau dia berpacaran dengan Do Kyung Seok, takut akan respon orang-orang yang mungkin mencemooh dirinya. Tapi saat dia mengungkapkan, respon orang-orang justru sebaliknya, mereka mendukung hubungan Mi Rae dan Kyung Seok. Ketakutannya tidak terjadi. 
Mungkin dalam hidup kita juga perlu seperti itu ya, berhenti over thinking terhadap sesuatu hal, kalaupun hal yang ditakutkan terjadi setidaknya kita sudah berani jujur.

Kang Mi Rae

ini cewe menang banyak, wkwkwk

Kang Mi Rae nih bikin gemes juga sama kaya Kyung Seok. Tapi gemesnya dia nih beda, rasanya pengen ngegetok palanya, hehehe karena terlalu over thinking. Acting dia yang polos-polos oon pas banget sih ekspresinya, bagus, overall suka sama acting Im Soo Hyang disini. Dialog yang dia ucapin tuh kesannya ragu-ragu terus, tapi terus aku sadar, oooh mungkin juga ini bagian dari karakter dia ya. Maklum aku ga ikutin cerita sebelumnya di webtoon jadi gabisa bandingin cerita versi webtoon sama drama. Aku nilainya based on drama nya aja ya. Dan karakternya Kang Mi Rae ini memang polos karena sebelumnya kan dia ga pernah membuka diri dalam lingkungan sosial karena perlakuan jahat teman-temannya dulu. Lingkungan kampus jadi lingkungan yang baru sekaligus hidupnya yang baru. Di awal-awal drama dia gampang banget dibegoin temen-temennya, dan dia terima aja gitu dibegoin kan yang nonton kesel ya, hahaha. Dan lagi soal perasaanya dengan Do Kyung Seok, penonton dibuat kesel karena dia menyia-nyiakan perasaan Kyung Seok yang cucok meong itu. Please deh dia cinta kamu apa adanya gitu kok masih nolak, rasanya pengen bisikin dia “oon kamu Mi Rae-ya” hahaha. Lagi-lagi karena apa? Ya karena dia over thinking about everything dan dia insecure. 
Kalau tanya di dunia nyata ada ngga orang model kaya Mi Rae ? ga pede meskipun dia cantik, pinter dan lain-lain. Jawabannya ya ada bahkan banyak banget. Tuh di twitter contohnya bilangnya kentang tapi nyatanya pas ngepost selca, cantiknya bikin silau mata. Ga usah jauh-jauh lihat orang lain sih, aku pribadi juga sering kok kaya gitu, apalagi lingkungan si doi dikelilingi gadis-gadis kampus yang cucok punya penampilannya, seger, modis, dan pinter-pinter dandan. Rasanya pas bercermin tuh kaya "ih kayanya aku tidak cocok bersamanya", wkwkwkwk tapi itu dulu sih sekarang udah ga pernah begitu. Kang Mi Rae merasa gadis ‘sepertinya’ tidak cocok bersanding dengan lelaki seperti Kyung Seok. Boleh dibilang, pengalaman hidup yang dia alami selama ini membuat dia akhirnya menjadi orang yang terlalu banyak mikir terhadap semua hal. Karena dia selama ini pun melakukan penilaian seseorang berdasarkan penampilannya. Sikap Mi rae yang baik hati juga terkadang bikin kesel sendiri, padahal jelas-jelas dijahatin tapi masih diem aja.

Do Kyung Seok

monmaap saya tidak tahan dengan kegantengannya :(

To be honest, ini kali kedua aku lihat acting Cha Eun Woo, sebelumnya aku nonton di Revenge Note yang dia berperan jadi seorang idol. Tapi kalau di revenge note aku ga terlalu perhatiin sih selain kegantengannya, hehehe. Yang serius aku ngikutin dan sampe terkesima adalah di drama My ID is Gangnam Beauty ini. Eun Woo cool banget ga ngerti lagi harus ngomong apa, hahahaha. Dia diem-diem gitu bisa manis juga ya, malu-malu kucing apalagi kalau udah mesam-mesem karena malu kalau scene berantem terus dibujuk rayu Kang Mi Rae. Buang muka kemudian tersenyum simpul (Ya Allah aku deg-degan masa bayangin Eun Woo senyum, hahahah). Tapi yang aku suka dari karakter Kyung Seok di drama ini, orangnya ga emosional yang menggebu-gebu, lebih ke kalem aja. Apapun emosinya dia hampir ga pernah menunjukannya dengan jelas, emosinya justru lebih kaya gemes sendiri, apalagi kalau udah cemburu, jiwa kompetitifnya muncul. Dan perlakuan dia pada adiknya menunjukan kalau dia itu berperasaan lembut, apalagi sikap dia yang memaafkan ibunya setelah kejadian kesalahpahaman beberapa tahun yang lalu.  Kalau di drama lain pasti kalian akan nemuin adegan drama yang bakalan ngebentak-bentak ibunya dan berkata kasar kemudian tidak mau lagi bertemu, di drama ini karakter Kyung Seok yang lembut ditunjukan dengan sikapnya yang memaafkan sang ibu yang dulu meninggalkannya. Meskipun benci dengan Ayahnya dia juga masih mau bicara berdua dengan Ayahnya. Sesungguhnya karakter Kyung Seok yang seperti itu lebih terlihat nyata dan manusiawi buatku pribadi. Ketimbang yang marah-marah sambil nangis-nangis. 
Tapi mungkin yang kelihatan agak bikin bertanya-tanya, bener ngga sih orang kaya dia ga lihat dari tampang saat suka sama orang ? aku juga meragukan hal ini, secara tampannya dia bikin buta mata soalnya hehehe. Tapi ya nyatanya di drama ini Kyung Seok karakternya begitu. Mungkin karena dia juga punya beberapa sisi yang sama dengan Kang Mi Rae yang sama-sama penyendiri. Kyung Seok nih kelihatannya manja tapi dia dewasa, berusaha mengurus dirinya sendiri meskipun sulit pada awalnya, dan berusaha melindungi adiknya dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh adiknya. Kyung Seok lelaki idaman semua wanita, hahaha cuma gemesnya kalau dia terlalu irit ngomong, kan akunya pengen denger suara kamu lebih banyak beb, wkwkwk.

hah gimana-gimana kak ? suara aku? 

Secara keseluruhan rate drama My ID is Gangnam Beauty buatku 9/10. Kenapa ga sempurna ? karena sempurna hanya milik Allah SWT, hehehhe. Ceritanya ini bikin hati berbunga-bunga terutama bagian-bagian Kyung Seok mulai berkencan dengan Mi Rae, eskpresi malu-malu kucingnya terus pas cemburu dan jiwa bersaingnya muncul, hahaha. Kalau kalian suka drama yang ceitanya bikin perut gatel dan rasanya seakan ingin jadi remaja lagi, wajib banget nonton ini. 

Yang aku suka dari drama My ID is Gangnam Beauty ini banyak ambil cerita di kampus juga, ga cuma sekedar latar doang. Jadi yang nonton bisa lihat juga kehidupan di kampus di korea sana seperti apa, dan kultur antara senior dan juniornya seperti apa. Selain itu, banyak juga isu sosial yang disinggung di drama ini, aku seneng banget ada yang angkat tema soal body shamming dilihat dari berbagai sisi. Perempuan kenapa selalu jadi objek ledekan hanya karena body nya ga sempurna, ga seperti standar pada umumnya ? seperti yang dialami Tae Hee yang selalu lekat dengan ledekan gendut dan diidentikan dengan makanan. Padahal dirinya juga sebenarnya hidup nyaman dengan ukuran badannya, teman-temanya terutama yang laki-laki selalu meledeknya dan itulah yang akhirnya bikin dia jadi insecure. Aku sendiri pernah jadi korban seperti itu, persis sama rasanya kesel sendiri tapi tangan ku cuma dua ga cukup untuk nyumpel mulut mereka semua, aku pake untuk tutup kupingku sendiri aja. Mudah-mudahan untuk siapa aja yang nonton drama My ID is Gangnam Beauty ini bisa melihat bahwa hal-hal yang kita anggap sepele it means everything for someone else. Banyak banget hal positif yang bisa diambil dari drama ini, for real. Ga cuma soal kegantengan Cha Eun Woo aja yang bisa kita nikmati tapi kisah demi kisah nya berarti banget untuk kita bisa resapi.

Aku ga nyesel habisin waktuku berminggu-minggu untuk nungguin drama ini tayang, hehehe.

Komentar

  1. Suka banget webtoonnya, tapi selalu takut mau mulai nonton dramanya takut apa yg di webtoon ga tersampai dengan baik ih lewat dramanya huhu, tapi setelah baca review ini hemmm nampaknya perlu dimasukkan kedalam list tontonan nih hehehe kangen juga sama kyungsuk (nama di webtoon Indo)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai makasih ya udah mampir dan baca tulisan aku. Semoga bapernya cepet berlalu ya, hehehe salam dari kyungsuk dengan senyum manisnya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)