Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama ๐Ÿ˜…. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Drama Korea Pretty Noona Who Buys Me Food, Cinta atau Orang Tua ?


Drama Pretty Noona Who Buys Me Food atau yang dikenal juga dengan judul Something In The Rain adalah salah satu drama romance yang jadi favoritku di Tahun 2018. Aku sih dari dulu emang senengnya nonton drama yang genre nya ringan-ringan aja secara hidup ini sudah berat, eeeaaaaaa, hahahha. Kenapa aku suka dengan drama ini ? simple aja sih alasanya ya karena romansanya asik banget, hawanya bikin mesem-mesem sendiri. Tapi juga kadang ada beberapa episode yang rasanya pengen banting laptop saking keselnya, bikin sesek napas juga nahan amarah membabi buta, HAHAHA. Meskipun ternyata banyak juga sih yang ga terlalu suka drama ini karena menurut mereka-mereka terlalu banyak kiss scene nya. Yha namanya selera ya tidak bisa dipaksa. Akupun gitu kalau direkomendasiin drama sama temen sekalipun banyak yang bilang bagus kalau aku tidak ‘ngena’ ya aku ga bakalan tonton. Aku mah orangnya ga suka maksa,hehehe.

bocah kalau ngomong sembarang bae , wkwkwk

Banyak yang ga seneng karna adegannya kissing melulu, hmmm… kalau aku boleh beropini, yha menurutku itu justru jadi seperti apa ya namanya mungkin bisa dibilang cara nunjukin gaya percintaannya mereka, si mba dan brondong itu. Tentu gaya orang dalam berpacaran dan memadu kasih beda-beda dong ya. Ada pasangan yang emang cenderung mempertontonkan kepada semua orang kalau mereka itu pasangan kekasih sehingga ga ragu untuk peluk cium, bergandengan tangan di muka umum. Dan ada juga yang justru ga nyaman dengan cara yang seperti itu, buat mereka kisah cinta kasih mereka biar mereka aja yang tau, aseeeeek. Tapi ya bukan berarti mereka ga bahagia. Standar bahagia seseorang dengan yang lainnya pasti berbeda. Ada yang seneng banget posting poto berdua dengan pasangan disetiap platform sosial media yang mereka punya, ada juga yang ga pernah post poto berdua atau gandengan tangan bukan berarti malu sama pasangannya ya, tapi ya karena memang bukan gayanya aja seperti itu. Bahasa Cinta itu macem-macem sis, bro… So No judging dengan pilihan orang ya.

Sejatinya drama ini mengangkat kisah yang terbilang klise sih yaitu tentang cinta dan perjuangan. Kita pasti tau dimana ada cinta disitu pasti ada perjuangan. Nah meskipun klise tapi drama ini menurutku menarik untuk ditonton karena apa ? ya karena konfliknya adalah dengan orang tua dan orang-orang disekitar mereka yang memiliki opini bersebrangan dengan mereka berdua. Konflik juga terjadi dalam diri si tokoh utama yaitu Yoon Jin Ah dan Seo Joon Hee, konflik batin dalam diri masing-masing. Seperti dalam kehidupan nyata, usia dewasa tidak menjamin bahwa dia tidak akan mengalami krisis pada dirinya. Menurutku, justru semakin bertambahnya usia akan semakin banyak hal yang kita pertanyakan dalam hidup. Kita akan selalu menerka-nerka apa arti hidup sebenarnya dan tujuan hidup apa yang ingin kita capai. Juga jalan seperti apa yang ingin kita tempuh dalam hidup kita. Aseeek sok iye bet ya, wkwkwkkw...


ngomong bae sih mba, sumpel nih, wkwkwkw

Nah dalam drama Pretty Noona Who Buys Me Food ini, Yoon Jin Ah (Son Ye Jin) dan Seo Joon Hee (Jung Hae In) menunjukan cinta mereka dengan romansa yang sedemikian rupa, peluk, cium, bergandengan tangan, bahkan posesif nya Joon Hee pun menurut Jin Ah adalah sebuah ungkapan cinta. Tapi posesifnya Joon Hee masih positif kok karena tujuannya adalah menjaga. Jin Ah sebelumnya mengalami kisah cinta yang pahit hingga dia kehilangan arti dari Cinta yang sebenarnya. Patah hati yang bisa dimengerti sih apalagi alasan putusnya hubungan Jin Ah sebelumnya juga bikin Jin Ah merasa rendah diri, di usia dia yang 35th pula kalau ga salah. Dan datangnya Joon Hee dikehidupannya bagaikan angin segar bagi Jin Ah. 

Drama Pretty Noona juga memberitahu kita kalau cinta itu ga selamanya mulus kaya jalan tol, pasti ada yang namanya cobaan atau ujiannya. Ujian dan cobaan yang diterima setiap pasangan pastinya juga beda-beda, ada yang berhubungan dengan karir, prinsip hidup, iman, orang ketiga juga ujian dari keluarga. Writer-nim melihatkan kita perjuangan yang ditempuh Jin Ah dan Joon Hee dalam memperjuangkan cinta mereka diantara orang-orang disekitarnya. Yang bikin tersentuh kala nonton ini adalah cara mereka berdua yang saling menguatkan satu sama lain, bagaimana caranya mereka memupuk cinta mereka satu sama lain ditengah cobaan yang mereka hadapi.

semua akan baik-baik aja asal aku sama kamu :(

Menurutku, di drama Something In The Rain ini tokoh utamanya ga cuma ada Yoon Jin Ahh dan Seo Joon Hee saja tapi juga ada Eomma/ Jin Ah Eomma. Tokoh Eomma ini bener-bener luar biasa sih menurutku antara ingin memaki dan berpikir, daebak lah pokoknya. Kalau biasanya di drama lain tokoh eomma ga terlalu kuat penokohannya, lain cerita kalau di drama ini. Konsisten banget perannya si eomma, hahahha ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…Makanya aku bilang Eomma tuh kaya tokoh utama bayangan, hehehe. 

Eomma

Toko Eomma dalam Pretty Noona digambarkan sebagai tokoh antagonis yang konsisten galaknya dan pendiriannya hingga akhir, hahaha. Eomma disini merupakan cerminan seorang ibu yang ada di real life juga sebenarnya. Tuh kan drama tuh gitu emang, mau dibilang fiktif ya ga fiktif-fiktif banget masalahnya, hehehe. Kalau kalian ada yang tanya, “emang beneran ada sosok ibu yang seperti itu”, yha ada, ada banget malah. Banyak lah yang aku temuin disekitarku yang seperti itu, baik yang terang-terangan atau yang bersembunyi dibalik senyum manisnya. Eomma adalah sosok ibu yang sangat mengkhawatirkan anak perempuan satu-satunya yang usianya sudah sangat matang namun belum ada keinginan untuk menikah. Eomma terlalu takut dianggap berbeda oleh orang-orang, dia hanya ingin semuanya berjalan sesuai dengan norma yang ada. Anak perempuan usia sudah 35th tapi belum menikah itu dianggap sesuatu yang mengerikan buatnya. Akan dianggap apa anakku nanti oleh orang-orang ?
Eomma dalam kehidupan nyata itu ada bahkan banyak. Orang tua yang menuntut anaknya menikah karena usia sudah terlewat matang, dan karena tuntutan sosial disekitarnya. Anak-anak temannya yang lain sudah menikah sedangkan anak dia sendiri belum. Ada kan ? pasti ada. Sehingga banyak kasus yang kemudian berujung dengan perjodohan seperti halnya yang dilakukan oleh eomma. Yang seringkali terlewatkan oleh Eomma dan orang tua yang bersikap seperti itu adalah mereka lupa bahwa pasti ada alasan dibalik keputusan sang anak sehingga 'belum menikah/belum mau menikah'. [Duuuh eke sok tau yeee,, hehhehe...]
Eomma sangat menentang hubungan Jin Ah dan Joon Hee dengan alasan demi kebaikan putri satu-satunya. Eomma adalah orang yang menjunjung tinggi kualitas dan latar belakang calon menantunya, karena menurutnya latar belakang yang baik akan berpengaruh juga terhadap status sosial mereka di masyarakat nantinya. Kalau yang sering liat drama pasti udah hapal sama pola yang begini nih, banyak lah yang angkat tema beginian. Tapi di negara kita sendiri juga pun ada loh hal seperti itu. Tapi kita juga ga bisa lantas melabeli eomma dengan embel-embel keji wkwkwk karena tentu dia punya alasan sendiri yang menurut dia 100% benar. 

http://id.castko.com/wp-content/uploads/2018/04/b4-2.jpg
maap eomma saya emosi kalau liat eomma bawaanya pengen nampol :(

Jalan Pikiran Orang Tua

Pemikiran orang tua dan anak itu seperti sudah dirancang untuk tidak selalu sejalan, iya ga sih ? Si Anak belum tentu bisa mengerti jalan pikiran orang tua dan berlaku sebaliknya. Jadi orang tua pun membingungkan sebenernya, jangankan orang lain yang lihat,  mungkin dirinya sendiri sebagai orang tua pun bingung. Apakah benar pemikirannya itu untuk anaknya ataukah untuk dirinya sendiri. Seringkali dengan alasan demi kebaikan anaknya, demi masa depan anaknya keputusannya justru malah menyakiti anaknya sendiri. Yang berniat agar semuanya baik justru berantakan, anaknya jadi depresi, stress, sakit bahkan hilang arah. Nah bingung ga tuh jadi orang tua? Dilema kan? Hehehe. Kalau alasan yang digunakan masuk akal dan bisa diterima akal sehat mungkin masih fine-fine aja ya, tapi kalau alasan yang dipakai ga jelas mungkin itu yang gabisa diterima si anak. Kalau sudah bertentangan gitu tinggal pilih, orang tua yang mengalah atau anak yang mengalah dan ikut seperti yang dikatakan orang tua. 
Gak hanya soal cinta saja, terkadang juga soal menentukan pilihan hidup, contoh paling gampangnya biasanya adalah memilih jurusan kuliah. Banyak juga kok yang masuk jurusan yang ga dia pengenin dengan alasan orang tua, yang bisa bertahan ya bagus bagi yang enggak ya ada juga yang berhenti ditengah jalan atau stress karena tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Adik Jin Ah, Seung Ho pun demikian, dia adalah sosok penurut dan berbakti pada kedua orang tuannya sehingga dia menuruti perintah orang tuanya untuk sekolah hingga jenjang S3. Dalam satu episode bahkan Seung Ho pernah menjelaskan bahwa dirinya hampir bunuh diri karena tidak sanggup menghadapi tuntutan dari orang tua dan (mungkin) orang-orang disekitarnya agar bisa masuk perguruan tinggi nasional/favorit. Eomma dan Appa yang mendengarnya kaget sekaligus ngeri. Scene ini cukup ngena sih buatku karena ungkapan Seung Ho yang mungkin sudah dia tahan-tahan sekian lamanya akhirnya dapat tersampaikan. Berharap bahwa kedua orang tuanya akan menyadari kondisi seperti apa yang anaknya selama ini hadapi. Seringkali orangtua juga melupakan bagaimana kondisi anaknya dan dampak dari tuntutan yang mereka berikan. Dan sebagai anak seringkali lupa juga bahwa orang tua sesungguhnya memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak-anaknya. hmmmm.... ribet ya masalah orang tua dan anak, hehehhe. 
Dalam drama Pretty Noona ini, Eomma punya alasan versinya sendiri yang tidak bisa diterima oleh akal sehat Jin Ah. Jalan pikiran eomma tidak bisa dimengerti oleh Jin Ah dan Joon Hee yang sedang dimabuk asmara. Kenapa sih eomma ngga bisa ngerti aku ? Kenapa sih kamu ga bisa ngerti kekhawatiran eomma ?  WAEEEEEEEEEE ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ 

Cinta atau Orang Tua ?

Namanya orang jatuh cinta pasti dunia serasa milik berdua, tidak ada yang lain selain dirimu, aku tak bisa hidup tanpamu, begitulah kira-kira. Tapi apa jadinya jika cinta dan orang tua kita tidak sejalan ? pasangan yang kita cintai sampai mau mati rasanya saking cintanya ternyata tidak mendapat restu dari orang tua ? Apa yang bakal kalian pilih. Mau pilih cinta tapi berarti durhaka sama orang tua, atau mau pilih orang tua tapi jadi menderita karena cinta tak sampai. Banyak kan kasus begini di kehidupan nyata. Banyak banget malah, hati ingin bersamanya tapi apa daya. Kalau jadi anak sih biar enak pilih cinta aja pengennya tapi orang tua juga ga bisa diabaikan begitu saja kan. Namanya orang tua ya harus kita hormati dan hargai yakaaan ? Tapi ada juga yang memilih kabur dari rumah sebagai bentuk protes kepada orang tuanya yang terkadang berujung bikin orang tua stress hingga sakit ๐Ÿ˜ข ada juga yang memilih mengakhiri kisah cintanya untuk menuruti orang tua agar mereka bahagia meskipun hatinya pedih ๐Ÿ˜ข. Menurutku rasanya seperti ga fair aja kalau ga win-win solution kan ? pasti ada hati yang tersakiti ketika pilihan salah satunya terkabul. Si anak bisa aja tersenyum tapi dalam hati menangis begitu juga sebaliknya. Dalam drama ini nanti akan disuguhkan bagaimana dilema nya Yoon Jin Ah dalam menentukan pilihannya, antara cintanya pada Joon Hee atau Orang tuanya.

Something in The Rain alias Pretty Noona Who Buys Me Food ternyata ga sekedar drama romantis biasa aja menurutku.  Karena sambil nonton kitapun akan berpikir ketika suatu saat kita dihadapkan dengan pilihan yang membingungkan seperti yang Yoon Jin Ah dan Seo Joon Hee alami apa yang akan kita pilih. Aku yakin sih banyak yang bisa relate sama drama ini karena kisahnya di kehidupan real kita pun ada. Masih banyak kok diluar sana para orang tua yang punya pikiran sama dengan eomma, dan banyak juga Jin Ah dan Joon Hee lainnya. Writer-nim nya bener-bener minta kita buat mikir nih, kita disuruh milih mau bela siapa, mau team eomma atau team Joon Hee Jin Ah ? Mau milih Cinta atau orang tua ?

Saranku ketika nonton nanti siapkan diri kalian untuk menerima aura kebahagiaan yang akan menerpa kalian dan juga siapkan oksigen tambahan yang bisa saja diperlukan ketika ada scene ....... [lahaciaaaaa] ๐Ÿ˜‹


menang banyak lau mba , wkwkwk

“sekarang aku mengerti, cinta itu tanpa batas.. tanpa pamrih, terima kasih “ – Yoon Jin Ah

#prettynoonawhobuysmefood #somethingintherain #YoonJinAh #SeoJoonHee #JungHaeIn #SonYeJin #dramakorea

nb : pictures are not mine


Komentar

  1. Bagus banget reviewnya unchhh๐Ÿ’œ. Jadi penasaran pen nonton:( kayaknya cocok sama aku yg gaterlalu suka drama yg bikin mikir berat๐Ÿ˜‚


    Milih cinta atau orang tua ya? Pilihan sulit:( restu orang tua tuh paling utama mau apa2 kalo gak direstui juga gak berkah. Tapi kalo uda dibutakan oleh cinta gimana?eh jangan sampe wkwkwk.
    Aku #teamnetralyangakhirnyabahagiaaja boleh gak๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama ini nih bagaikan makan buah simalakama tau ngga, wkwkkw. writernimnya bener-bener bikin penonton nya bimbang akan pilihan hidup.
      Thanks udah baca, -love

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)