Friendship Goals Dalam Drama Korea (Fight For May Way, Hospital Playslist, Reply 1988, Twenty Five Twenty One)

Gambar
Ketika nonton drama korea, terkadang kita fokus dengan kisah para pemeran utamanya dan jalan cerita dari drama. Tapi sebenernya gak cuma ituloh yang bisa kita nikmatin waktu nonton drama korea. Gak cuma kisah romantis si pemeran utama atau kisah sedih si tumbal drama 😅. Ada juga yang menarik yang justru sangat berharga dan bisa banget kita contoh, misalnya kisah pertemanan para tokoh dari drama.  Dalam tulisan ku kali ini, aku mau berbagi tentang friendship goals yang jadi favoritku sepanjang nonton drama korea. Sebenernya ada banyak sih, tapi yang aku tulis kali ini adalah yang jadi favoritku banget banget banget wkwkwkwk.  1.   Fight For My Way Yang sudah pernah nonton drama Fight For My Way pasti tau nama-nama tokoh yang ada di gambar kan?. Yups, ada Ko Dong Man, Choi Ae Ra, Baek Seol Hee, dan Kim Joo Man. Mereka adalah 4 orang yang sudah bersahabat sejak mereka kanak-kanak. Mereka tumbuh dewasa bersama hingga saat dewasa pun mereka memilih untuk tinggal di

Lee Hi – Breathe

https://pa1.narvii.com/6350/443cfa6129317206acb01870999bc574b322bfdb_hq.gif

Hhhhh….. breathe. Kenapa ya bawaannya setiap kali denger lagu yang dinyanyikan oleh Lee Hi ini bawaanya mellow, sendu kelabu gitu. Sebenernya aku ga begitu kenal dengan lagu-lagu korea yang dinyanyikan oleh solois kecuali lagu itu jadi soundtrack drama. Nah maka dari itu, aku ga begitu paham kalau ada lagu sebagus dan sedalam ini (helooow kemana aja guweh selama ini!) huhu. Aku pertama kali denger lagu ini pas ada kejadian yang kita semua ga ingin hal kaya gini bakal terulang yaitu, meninggalnya Kim Jonghyun SHINee pada Desember 2017 lalu, yang belakangan aku ketahui kalau lagu breathe ini ditulis sendiri oleh Jonghyun. Lagu breathe ini sebenarnya adalah lagu yang menenangkan tapi kalau kita resapi liriknya, artinya sungguh dalam. Membuat kita menyadari jika ternyata hal-hal sekecil apapun yang kita lakukan untuk orang lain bisa sangat berarti bagi mereka. Ga percaya ? coba baca english translation lyric breathe ini :


Romanization
 [Verse 1]
Sumeul keuge swieobwayo
Dangsinui gaseum yangjjogi jeorige
Jogeumeun apaol ttaekkaji
Sumeul deo baeteobwayo
Dangsinui ane nameun ge eoptdago
Neukkyeojil ttaekkaji
 [Verse 2]
Sumi beokchaollado gwaenchanhayo
Amudo geudael tathajin anha
Gakkeumeun silsuhaedo dwae
Nugudeun geuraesseunikka
Gwaenchantaneun mal
Malppunin wirojiman
 [Chorus]
Nugungaui hansum geu mugeoun sumeul
Naega eotteoke hearil suga isseulkkayo
Dangsinui hansum geu gipil ihaehal sun eopgetjiman
Gwaenchanhayo naega anajulgeyo
[Verse 3]
Sumi beokchaollado gwaenchanhayo
Amudo geudael tathajin anha
Gakkeumeun silsuhaedo dwae
Nugudeun geuraesseunikka
Gwaenchantaneun mal
Malppunin wirojiman
[Verse 4]
Namdeul nunen him ppajineun
Hansumeuro boiljin mollado
Naneun algo itjyo
Jageun hansum naebaetgido eoryeoun
Harureul bonaetdan geol
Ije dareun saenggageun mayo
Gipi sumeul swieobwayo
Geudaero naebaeteoyo
[Chorus]
Nugungaui hansum geu mugeoun sumeul
Naega eotteoke hearil suga isseulkkayo
Dangsinui hansum geu gipil ihaehal sun eopgetjiman
Gwaenchanhayo naega anajulgeyo
Jeongmal sugohaesseoyo



English Translation
[Verse 1]
Take a deep breath
Until both sides of your heart get numb
Until it hurts a little
Let out your breath even more
Even though comforting by saying it's alright
Are just words

[Verse 2]
It’s alright if you run out of breath
No one will blame you
It’s okay to make mistakes sometimes
Because anyone can do so
Although comforting by saying it’s alright
Are just words


[Chorus]
Someone’s breath, that heavy breath
How can I see through that?
Though I can’t understand your breath that deeply
It’s alright I’ll hold you


[Verse 3]
It’s alright if you run out of breath
No one will blame you
It’s okay to make mistakes sometimes
Because anyone can do so
Although comforting by saying it’s alright
Are just words

[Chorus]
Someone’s breath, that heavy breath
How can I see through that?
Though I can’t understand your breath that deeply
It’s alright I’ll hold you

[Verse 4]
Even if others think your sigh
Takes out energy and strength
I already know
That you had a day that’s hard enough
To let out even a small sigh
Now don’t think of anything else
Let out a deep sigh
Just let it out like that

[Chorus]
Someone’s breath, that heavy breath
How can I see through that?
Though I can’t understand your breath that deeply
It’s alright I’ll hold you
You really did a good job


Secara garis besar memang lagu ini menceritakan tentang betapa beratnya beban yang dirasakan oleh seseorang yang mungkin tidak semua orang dapat mengerti penderitaanya itu. Lagu ini meminta siapapun yang tengah merasakan beratnya beban itu untuk tetap percaya bahwa akan selalu ada jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi dan berlapang dadalah dalam menerima semua permasalahan yang ada. Sebenarnya lagu ini juga menurutku ga hanya bercerita untuk orang lain, tapi juga seperti memberi semangat kepada diri sendiri (si penyanyi), berkata kepada diri sendiri dan menenangkan dirinya sendiri :( . Mungkin itulah kenapa menurutku ketika kita sedang berada dalam kesulitan dan kita dengarkan lagu ini akan datang emosi yang bercampur aduk dalam hati 😭 . 

Kehidupan, tidak semuanya berjalan seperti yang kita mau. Tuhan sudah menggariskan kehidupan setiap makhluknya berbeda-beda, ada yang berliku berbatu hingga rasanya mustahil untuk dilewati, dan ada juga yang mulus seperti jalan tol. Tapi apapun kehidupan yang kita jalani, ada baiknya kita terima dengan lapang dada, tetap percaya pada Tuhan dan selalu berusaha melewati semuanya dengan segenap kemampuan yang kita punya. Take a deep breath, until both sides of your heart get numb ketika rasanya semua usaha yang kita lakukan tidak juga berjalan sesuai keinginan kita, tariklah napas dalam-dalam hingga rongga dada mu sesak kemudian hembuskan nafasmu, keluarkan juga semua bebanmu. Meskipun itu hanyalah kata-kata terkadang kita membutuhkan kalimat-kalimat penenang itu, berharap dapat menenangkan perasaan sesak yang kita rasakan. Even though comforting by saying it's alright are just words.

It’s alright if you run out of breath, No one will blame you. Ketika nanti kita kehabisan nafas dan sulit rasanya untuk bangkit kembali, ga masalah ga akan ada juga yang menyalahkan kita. Jika kita melakukan kesalahan pun ga masalah karena setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. It’s okay to make mistakes sometimes, Because anyone can do so. Yakinkan diri kita jika berbuat kesalahan itu bukanlah sebuah hal yang besar, karena adanya kesalahan kita dapat melakukan perbaikan, dapat introspeksi mengapa sampai kita melakukan kesalahan itu. Kesalahan ada untuk kita dapat berkaca agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Penderitaan seseorang, bagaimana cara kita mengetahuinya ? bagaimana caranya kita agar tahu seseorang itu sedang merasakan kepedihan yang teramat dalam, hingga rasanya sulit untuk mereka ceritakan ? Someone’s breath, that heavy breath. How can I see through that?. Kita tidak akan pernah tahu rasanya penderitaan seseorang sekalipun orang itu bercerita bagaimana pedihnya. Kenapa? Karena yang ada di posisi itu dia bukan kita. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk bisa membantu meringakankan beban itu ? salah satunya adalah dengan mendengarkan sepenuh hati, tanpa menghakiminya atau menghakimi kisahnya apalagi menyalahkan. Cukup menjadi pendengar setia, toh yang dibutuhkan adalah kehadiran kita bukan penilaian kita terhadapnya. Didengarkan saja sudah cukup, jika perlu berilah pelukan yang menenangkan. Though I can’t understand your breath that deeply, It’s alright I’ll hold you. You really did a good job.

Aku sering bilang kalau manusia itu seengaknya punya satu teman untuk dapat saling berbagi, teman yang bisa dipercaya, teman yang tulus berteman. Teman yang setia mendengarkan tanpa menghakimi. Karena apa ? karena dengan berbagi cerita menurutku itu bisa membuat lega perasaan walaupun mungkin ga sepenuhnya. Apalagi saat kita sedang down, sedih, bingung, dan hilang arah dengan adanya teman yang mendengarkan kita bercerita itu seperti memberikan perasaan kalau kita ga sendirian, kita masih punya seseorang yang bisa kita genggam tangannya.


"Mendengarkan dan menjadi teman yang tulus adalah sebuah hal kecil yang mungkin bagi kita tidak berarti apa-apa tapi bagi orang lain bisa jadi itu adalah sesuatu yang besar dan berarti banyak untuk hidupnya. "


https://pbs.twimg.com/media/Dca7BlZV4AAKmLw.jpg


Though I can’t understand your breath that deeply, It’s alright I’ll hold you. You really did a good job.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Lirik Lagu Flowerpot Yang dinyanyikan Han Seo Jun (True Beauty)

Love Yourself : Answer, Trivia : Seesaw (SUGA of BTS)

Review Drama Korea Rain Or Shine (Just Between Lovers)